HOMEJawa TengahKuliner

Urap Latoh, Makanan Diet Cuma Ada di Rembang

REMBANG – Sudah pernah mencicipi urap latoh? Makanan lezat bergizi tinggi yang  cuma ada Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Bahan dasar makanan khas dari Desa Dasun ini berbahan dasar latoh atau anggur laut, sejenis rumput laut yang hanya hidup di Laut Jawa khususnya di Kawasan Lasem, Rembang.

Latoh berbentuk bulatan-bulatan kecil seperti telur ikan berwarna hijau. Bulatan-bulatan tersebut tumbuh di semacam batang bercabang-cabang yang disebut thalus, seperti anggur. Maka banyak yang menyebutnya anggur laut.

Cara memasak urap latoh sangat mudah. Yang perlu dimasak hanya bumbu urapnya saja, karena latoh yang baru dipanen nelayang dari laut hanya perlu dicuci bersih saya. Tekstur latoh renyah dan rasanya asin.

Urap latoh khas Lasem, Rembang / Foto : perpus.jatengpemprov.go.id
Urap latoh khas Lasem, Rembang / Foto : perpus.jatengpemprov.go.id

Untuk membuat urap yang diperlukan parutan kelapa setengah tua. Kemudian dicampur dengan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah, daun jeruk dan kencur yang disangrai terlebih dulu sebelum dihaluskan.

Setelah itu, masukkan latoh, dan semakin nikmat jika ditambahkan ikan asap khas Desa Dasun. Cita rasa khas masakan pesisir semakin terasa di lidah. Urap latoh sangat cocok dimakan dengan nasi liwet hangat ditambah tempe goreng renyah.

Selain memiliki rasa yang nikmat dan unik, urap latoh memiliki nilai gizi tinggi. Terdapat kandungan serat, selenium dan seng yang tinggi yang dapat meresuksi hormone esterogen. Latoh juga dapat mengurangi resiko anemia, dapat mencegah hipertensi karena dapat menyerap kelebihan asupan garam dalam tubuh.

Selain itu antioksian klorofil dalam latoh dapat membersihkan tubuh dari radikal bebasa  yang berbahaya. SEdangkan kandungan serat dapat memperlancar metabolisme tubuh, makanya urap latoh ini makanan yang pas untuk diet. ***

 

 

 

BACA JUGA :  Tari Gambyong, Keindahan Gerak Nan Halus
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close