HOMEKuliner

Udang Selingkuh? Cuma Ada di Lembah Baliem

WAMENA – Berbicara soal makanan Nusantara tidak akan ada habisnya. Selalu saja ada hal baru kalau kita mau menguliknya. Banyak makanan yang sudah diolah maupun bahan utamanya yang unik yang tidak ada di daerah lain

Seperti di Kota Wamena. Kabupaten Jayawijaya, Papua, selain terkenal dengan panorama alam yang cantik dan keunikan budayanya juga memiliki kuliner khas yang dapat menggugah selera. Kuliner andalan kota yang berada di kawasan Lembah Baliem ini adalah udang selingkuh atau bernama latin cherax albertisii.

Nama unik ini tidak muncul begitu saja, tetapi dikaitkan dengan bentuk dari hewan bercangkang ini. Hewan yang hidup di air tawar  ini sejenis udang tetapi dua capit besar seperti kepiting yang berada di bagian sisi kiri dan kanan bagian kepala.

Udang selingkuh banyak ditemui di Sungai Baliem, kawasan Lembah Baliem yang menjadi bagian dari Pegunungan Jayawijaya. Selain itu juga banyak terdapat di tiga danau di Kabupaten Paniai, Danau Pania, Danau Tigi dan Danau Tage.

Daging udang selingkuh terasa  gurih dan sedikit manis. Teksturnya  mirip lobster, padat, dan berserat.. Seluruh bagian tubuh udang selingkuh bisa dimakan kecuali kepala. Jadi meski hanya bermodalkan bumbu seadanya saja, olahan udang ini akan menghasilkan masakan yang lezat and bercita rasa khas

Tak hanya dagingnya yang nikmat, udang selingkuh juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Selain kandungan kalsium dan protein yang tinggi, juga mengandung mineral seperti selenium, fosfor, magnesium, sodium dan zinc.  Udang  ini termasuk makanan yang rendah kalori. Dalam 100 gram daging udang segar terkandung 106 kalori.

Selain digoreng, udang selingkuh juga bisa diolah dengan direbus dan dibakar sesuai selera penikmatnya. Jika digoreng, semakin lezat jika dibumbui dengan berbagai macam saus, seperti saus tiram, saus mentega, saus padang dan saus asam manis layaknya seafood. Apalagi disantap bersama nasi hangat dan tumis kangkung benar-benar menggunggah selera.

BACA JUGA :  Sama Enak, Serabi Bandung dan Serabi Solo Ternyata Banyak Bedanya

Tergoda ingin mencicipi gurihnya udang selingkuh dari Lembah Baliem? Ditunggu kedatangannya di Kota Wamena ya! ***

 

 

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close