Siap ke Pantai, Alas Kaki Sudah Oke?

  • Bagikan
Berjalan menikmati pantai, perlu alas kaki yang nyaman./foto: trinil
Berjalan menikmati pantai, perlu alas kaki yang nyaman./foto: trinil

JAKARTA – Pantai menjadi salah satu tempat tujuan liburan yang asyik. Terpaan angin, sinar matahari sampai jalan-jalan di pasir membuat hari libur jadi lebih indah.

Namanya liburan, sudah tentu yang diinginkan adalah bersantai. Lepas dari rutinitas keseharian.

Karenanya diperlukan pakaian penunjang yang juga bisa membuat segalanya menjadi lebih rileks. Termasuk alas kaki.

Berlibur ke pantai, sudah pasti bersentuhan dengan pasir. Meski tak berjalan di hamparan pasir pinggir laut namun pasir dengan sendirinya ada dimana-mana di sepanjang daerah pantai.

Itu makanya diperlukan alas kaki yang nyaman. Berikut beberapa tips memilih alas kaki yang nyaman untuk di pantai:

1. Sepatu sandal atau gladiator sandals. Alas kaki ini memberi kesan santai tetapi juga aman di kaki. Bentuknya yang terbuka membuat penggunanya mudah mengeluarkan pasir yang masuk ke sela jari. Jadi tak perlu tangan harus kotor karena membuka pasang sepatu. Talinya juga membuat pemakainya nyaman karena tak mudah lepas saat harus berjalan di hamparan pasir. Hanya saja, saat harus bermain di karang harus ekstra hati-hati karena jari atau kaki bagian atas tak terlindungi.

2. Sepatu slip on. Alas kaki jenis ini juga nyaman dibawa ke pantai karena menutup kaki dengan sempurna. Sepatu ini jelas melindungi kaki bagian atas dari terik matahari atau ketika berjalan teranguk karang.

3. Ringan. Alas kaki mesti terbuat dari bahan yang ringan seperti plastik. Bila kaki ‘terbenam’ di pasir tentu akan lebih mudah menariknya. Alas kaki dari bahan kain membuat repot penggunanya karena bila kena air kaki akan menjadi dingin. Ini tentu tak nyaman.

4. Flat. Alas kaki tanpa hak akan memudahkan berjalan di pasir yang permukaannya tak datar. Tekstur pasir yang tak solid juga akan sulit dijinakkan oleh alas kaki berhak tinggi meski dalam bentuk wedges. Jangan juga pakai alas kaki bertali yang penggunanya harus mengikat layaknya tali sepatu kets. Ini membuat repot saat ikatan terlepas. Bahkan bisa membahayakan bila pemakainya tak sadar bahwa simpul tali terlepas.

BACA JUGA :  4 Jam Trekking 2 Curug Terlampaui

5. Kuat. Pastikan alas kaki yang dikenakan memiliki jahitan atau lem yang kuat. Banyak pelancong bersandal akhirnya kerepotan karena tali putus ketika berjalan di pasir.

Jadi, sekarang sudah siap jadi anak pantai?***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *