HOMEJawa TimurKuliner

Pudak, Jajanan Mengenyangkan Khas Gresik

GRESIK –  Selain makanan berat, jajanan khas Nusantara juga mewarnai keberagaman kuliner Indonesia. Setiap daerah punya kudapan yang unik dan lezat.

Seperti Kabupaten Gresik, Jawa Timur memiliki kudapan khas pudak. Cemilan berbahan dasar tepung beras, gula pasir atau gula jawa  dan santan kelapa ini bercita rasa gurih manis. Selain itu pudak ada juga yang berbahan sagu.

Pada perkembangannya, para produsen pudak dengan kretifitasnya menambah varian pudak, tidak hanya tiga jenis, pudak putih (gula putih), pudak coklat (gula jawa) dan pudak sagu, tetapi ada varian pudak pandanyang berwarna hijau cerah. Tampilannya yang menarik dapat menggugah selera penikmatnya.

Jajaran pudak yang dipajang oleh pedagang / Foto : pesonajatim.com
Jajaran pudak yang dipajang oleh pedagang / Foto : pesonajatim.com

Pudak pandan selain warnanya, harum khasnya membuat orang ingin mencicipinya. Banyak juga pembuat jajanan ini yang menggunakan daun suji untuk mendapatka wrna hijau yang lebih kuat dan cerah.

Yang paling  unik sebenarnya ada pada kemasan cemilan ini. Pudak dibungkus ope atau pelepah daun pinang. Ope ini sudah mulai langka, dan pembuatannya cukup sulit. Pangkal pelepah daun pinang itu harus disamak terlebih dulu untuk memisahkan kulit dalam dan kulit luar.

Kulit bagian dalam ini yang digunakan untuk membungkus pudak. Setelah dibersihkan dan dipotong sesuai ukuran, kemudian dilipat dan dijahit berbentuk huruf L, sehingga berbentuk seperti contong seperti gelas. Kemudian adonan dituangkan, bagian kemasan yang terbuka kemudian disatukan dan diikat. Setelah itu baru dikukus.

Setelah matang, rasa legit, gurih, manis berpadu dengan aroma pelepah pinang sangat menggoda untuk segera dicicipi bersama dengan segelas kopi panas.

Tergoda untuk mencicipi jajanan yang mengenyangkan karena kaya akan kalori ini. Jangan lupa kalau mampir ke Gresik segera mencicipinya dan bawa pulang untuk oleh-oleh orang-orang di rumah karena kue ini bisa bertahan tiga hari. ***

BACA JUGA :  Sandiaga Formulasikan Travel Pattern Joglosemar

 

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close