DestinasiHOME

Pernah Diterjang Tsunami, Pesona Pantai Lampuuk Tak Pudar

LOKNGA – Siapa yang menyangka, Pantai Lampuuk di Kecamatan Loknga, Aceh Besar yang sangat cantik dan memesona ini pernah rusak parah pada 2004 karena diterjang tsunami akibat gempa besar yang melanda Provinsi Serambi Mekah ini.

Tetapi sejarah kelam tersebut berubah perlahan. Pantai berpasir putih ini kembali menunjukkan pesonanya. Air laut biru jernih sangat kontras dengan pasir dan pepohonan hijau yang tumbuh di pinggir pantai. Sangat memanjakan mata.

Tepi pantai yang ditumbuhi pohon pinus membuut pengunjung nyaman duduk-duduk dibawahnya sambil menandangi lautan lepas dan juga hamparan bukit yang tampak didepan mata.

Keindahan Pantai Lampuuk di Loknga, Aceh Besar / Foto : disparpora.acehbesarkab.go.id
Keindahan Pantai Lampuuk di Loknga, Aceh Besar / Foto : disparpora.acehbesarkab.go.id

Garis pantai yang panjang dengan karakteristik pantai yang berbeda-beda membuat pantai ini memiliki empat pintu masuk sesuai keinginan dan kepentingan pengunjung. Pintu masuk diberi nama Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga dan Babah Empat.

Untuk pengunjung yang hanya ingin bermain air dan  berenang atau sekedar menikmati indahnya pemandangan bisa masuk dari pintu Babah Satu dan Babah Dua. Di dua lokasi ini sudah dilengkapi fasilitas permainan air dan juga terdapat beberapa cottage serta  konservasi penyu.

Sedangkan bagi para pecinta surving bisa langsung menuju ke Babah Tiga dan Babah Empat. Dua lokasi ini banyak dikunjungi wisatawan asing yang menggemari olahraga air yang sangat memacu adrenalin ini.

Di sekitar pantai yang berjarak sekitar 15 Km dari pusat Kota Banda Aceh ini juga banyak tempat-tempat makan yang menyediakan makanan hidangan laut yang sangat menggugah selera.

Keindahan dan karakter Pantai Lampuuk menariak perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk menjadikan wilayah tersebut sebagai destinasi sport tourism. Dalam kunjungannya akhir pekan lalu Sandiaga, kegiatan triatlon cocok dikembangkan di Lampuuk lantaran memiliki garis pantai yang panjang dan arus pantai yang juga cukup panjang. Panjangnya sekitar 1-2 kilometer dari bibir pantai ke tengah laut.

BACA JUGA :  Kopi Ampirono, Ngopi Santai di Tengah Sawah

Bagaimana tertarik untuk mencoba melakukan wisata olahraga dipantai cantik ini. Luangkan waktu untuk berkunjung ke Tanah Rencong yuk! ***

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close