HOMEJawa TengahNews

Pendakian Gunung Prau Ditutup Awal Tahun

DIENG – Forum Komunikasi Gunung Prau Indonesia (FKPI) memutuskan menutup  seluruh Jalur Pendakian dan base camp mulai 3 Januari 2021  dan akan dibuka kembali pada 4 Maret.

Menurut Ketua FKPI, Harsono, dalam surat edaran resmi, penutupan jalur tersebut untuk mengantisipasi cuaca buruk, pemulihan ekosistem reboisasi, perawatan dan pembenahan jalur. Disamping juga, untuk melakukan pelatihan peningkatan kapasitas ranger.

Ditambahkan Harsono, Keputusan tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil rapat kordinasi  dengan pihak Perhutani.

Gunung Prau, terletak kasana Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung yang memiliki ketinggian 2.565 mdpl ini merupakan tapal batas antara tiga kabupaten, Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo.

Puncak gunung yang sangat disukai para pendaki pemula ini merupakan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Bukit-bukit kecil dengan sabana dan sedikit pepohonan dapat dijumpai di puncaknya.

Dari Puncak Prau kita dapat melihat kemegahan dua buah gunung, Sindoro dan Sumbing. Dan bisa memandangi eksotisnya sunrise berwarna keemasan yang muncul diantara kedua gunung tersebut.

Bagi yang merencanakan untuk bermalam tahun baru di puncak Prau, segera laksanakan. Menandakan pergantian tahun dengan sunset terakhir di 2020 dan sunrise pertama di 2021.

BACA JUGA :  Tenun Sabu Tak Lekang Oleh Waktu
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close