HOMEJawa TimurKuliner

Kopi Ijo dan Tradisi Nyethe Tulungagung

TULUNGAGUNG – Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar  di dunia, masyarakat Indonesia sangat akrab dengan minuman beraroma khas, berwarna hitam pekat itu.

Terdapat berbagai jenis kopi seluruh wilayah Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing. Kekhasan kopi tersebut selain dari jenis dan rasa, juga dari cara pengolahannya. Seperti kopi ijo, minuman asli Tulungagung, Jawa Timur.

 

Kopi ini memiliki keunikan karena proses pembuatannya masih menggunakan cara tradisonal. Biji Kopi disangrai menggunakan wajan yang terbuat dari tanah liat di atas tungku api berbahan bakar kayu. Untuk  biji kopi dipilih yang masih muda, kulitnya masih berwarna hijau bukan merah seperti kopi pada umumnya. Ini yang membuat kopi ijo pada saat diseduh berwarna hijau kehitaman.

Kopi Ijo Tulungagung / Foto : instagram @official_domigado
Kopi Ijo Tulungagung / Foto : instagram @official_domigado

Kopi ini sangat populer di Tulungagung, banyak warung-warung kopi mulai dari pinggir jalan hingga kafe menyuguhkan kopi ijo sebagai salah satu menunya.

Ada tradisi menarik yang menyertai ritual menyeruput kopi ijo ini. Nyethe adalah seni melukis atau membatik di atas sebatang rokok dengan menggunakan ampas kopi ijo. Ampas kopi ijo yang tersisa di piring kecil setelah diseruput dijadikan bahan untuk melukis semacam cat air. Sementara itu sebagai pengganti kuas digunakan tusuk gigi atau lidi.

Lukisan di atas sebatang rokok tambah indah, ada yang bermotif batik atau ragam motif lainnya. Ada juga yang menggambar wajah tokoh nasional  dengan ampas kopi itu di atas piring kecil.

Tradisi Nyethe Tulungagung / Foto : instagram @danystwn11_
Tradisi Nyethe Tulungagung / Foto : instagram @danystwn11_

Kandungan kafein di dalam kopi hijau lebih rendah dari kopi hitam. Efek minum kopi, biasanya membuat orang yang meminumnya tidak mudah mengantuk, untuk kopi ijo efeknya tidak sekeras kopi hitam biasa.

Kandungan positif lain dari kopi ijo adalah anti oksidan tingg, berupa asam klorogenat yang berguna untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan anti oksidan yang  juga bisa mencegah perkembangan sel kanker.

BACA JUGA :  Produk Kuliner Khas Indonesia Dipromosikan di Marche’ de Rungis Paris

Menurut penelitian Clinical and Experimental Hypertension pada 2006, kopi ijo memiliki manfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan dapat menurunkan berat badan.

Penasaran? Yuk  mencicipi Kopi Ijo dan Belajar melukis di atas rokok di Tulungagung! (*)

 

 

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close