DestinasiJawa Tengah

Ke Sangiran, Melihat Jejak Manusia Purba

SRAGEN – Indonesia sungguh kaya dalam banyak hal. Termasuk melimpahnya jejak manusia di masa lampau.

Untuk melihat jejak manusia purba, bisa dengan mendatangi Museum Sangiran di kawasan Kubah Sangiran di Depresi Solo, kaki Gunung Lawu, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Sangiran dengan luas 56 km2 menjadi tempat sempurna untuk menggambarkan kehidupan manusia purba. Situs yang tersebar di tiga kecamatan di daerah ini memegang peranan penting dalam evolusi manusia.

Potongan perjalanan evolusi manusia di Sangiran itu terungkap antara lain karena adanya Kali Cemoro yang indah. Sungai yang bermuara ke Bengawan Solo ini membuat tanah mengalami erosi hingga ditemukan fosil manusia purba. Juga, fosil flora dan fauna di masa prasejarah. Lapisan tanahnya pun ternyata menunjukan lapisan tanah berbeda di masa lalu dan sekarang.

Situs ini disebut yang paling lengkap bukan hanya di Asia tapi juga di dunia. Itu makanya Komite World Heritage menjadikan Situs Sangiran sebagai Warisan Dunia Nomor 593.

Ahli paleontropologi Jerman, GHR Von Koenigswald, adalah orang yang berjasa untuk mengenalkan kekayaan daerah Sangiran pada 1930-an. Penduduk desa diajari cara mengenali fosil dan cara yang benar memperlakukan fosil yang ditemukan.

Lambat laun, pengunjung kian banyak. Museum pun dibangun di lahan 1.000 meter di samping Balai Desa Krikilan. Namun baru pada 1980 museum seluas 750 meter didirikan di lahan 16.675 meter.

Di museum ini tersimpan fosil manusia Homo sapiens hingga sejumlah replika fosil manusia purba lain. Juga ada fosil hewan purba mulai dari gajah, kerbau, harimau badak, sapi, banteng hingga rusa dan domba.

Ada pula fosil hewan air laut dan air tawar mulai dari buatan ikan, kepiting, kuda nil, moluska sampai kura-kira.

BACA JUGA :  Negeri Atas Angin: Pesona Tanpa Batas

Tak cuma makhluk hidup. Fosil bebatuan masa lampau hingga artefak ya juga tersimpan di museum ini.

Jadi, selamat mengenal pendahulu kita! ***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close