Investasi di Aceh, LBP Pastikan Uni Emirat Arab Bangun Resort Rp 7,2 Triliun di Kabupaten Singkil

  • Bagikan

Panorama wisata Pulau Banyak di Kabupaten Singkil, Aceh

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) memastikan Uni Emirat Arab (UEA) akan merealisasikan investasi mereka di Kabupaten Singkil, Aceh. Nilai investasi diperkirakan mencapai US$500 juta atau Rp 7,2 triliun yang akan digunakan untuk membangun resort.

Luhut mengatakan pihaknya terus berkomunikasi dengan Menteri Energi UEA Suhail Mohammed Faraj Al Mazroui untuk membicarakan kelanjutan investasi negara Timur Tengah tersebut. Pemerintah UEA juga akan kembali ke Indonesia sekitar tanggal 13-15 September untuk mematangkan rencana investasi tersebut.

“Ada satu proyek yang menurut saya senilai US$500 juta yang mereka ingin investasikan. Mereka sudah meninjau dan sudah bicara. Dan saya bertelepon, tetap berkomunikasi dengan Menteri Suhail. Mereka akan datang ke Indonesia lagi untuk berbagai proyek kerja sama Indonesia-Abu Dhabi,” kata Luhut dalam acara Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Rabu (8/9).

Saat ini, pemerintah Indonesia dan UEA tengah membicarakan sejumlah insentif yang akan diberikan untuk investasi di Singkil. “Mestinya tidak masalah. Kita ingin tuntaskan. Presiden meminta supaya kami tuntaskan dan kami akan tuntaskan sesuai aturan yang ada,” tutur Mantan Menteri ESDM tersebut.

Pemerintah UEA direncanakan membangun resort di atas 45 ribu hektar tanah di Singkil yang saat ini masih berbentuk rawa. Luhut mengatakan Putra Mahkota Mohammed bin Zayed Al Nahyan akan berkunjung ke Singkil sesekali sehingga penerbangan langsung Singkil-Abu Dhabi diharapkan bisa terlaksana.

“Mereka mau bikin resort, dia mau katanya Crown Prince Muhammad bin Zayed juga akan sekali-sekali ada di sana, karena dia ingin direct flight dari Abu Dhabi langsung ke Singkil,” tutur Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan tersebut.

BACA JUGA :  Selain Pekerja Pariwisata, Pekerja Seni dan Kreatif Diusulkan Terima Bantuan

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga mengatakan UEA sudah melayangkan ketertarikannya untuk berinvestasi sebesar US$500-700 juta atau sekitar Rp 10 triliun untuk mengembangkan wisata di Pulau Banyak, gugusan pulau-pulau kecil yang berada di gugusan pulau-pulau kecil yang berada di Kabupaten Aceh Singkil.

Seperti diketahui, rencana investasi Uni Emirat Arab di Pulau Banyak, Aceh, sudah digagas tahun lalu. Gagasan ini bermula saat Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA Mohamed bin Zayed di Uni Emirat Arab, Januari 2020.

Sebagai bentuk ketertarikannya, Excecutive Director Murban Energy Amine Abid sudah mendatangi Pulau Banyak pada Desember 2020 untuk melihat peluang investasi. Selain memiliki panorama pantai yang indah, Pulau Banyak juga dilimpahi kekayaan terumbu karang laut yang mempesona.

Pada Maret 2021, Gubernur Aceh Nova Iriansyah telah menandatangani kerja sama pengembangan dan investasi pariwisata dengan Murban Energy. Mereka sepakat untuk memusatkan investasi Pulau Banyak, Aceh Singkil.

Source : Katadata

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *