Hotel Syariah, Saat Liburan Ibadah pun Tetap Jalan

  • Bagikan
Kamar sebuah hotel syariah di Wonosobo./foto: instagram wonosobo 1menit
Kamar sebuah hotel syariah di Wonosobo./foto: instagram wonosobo 1menit

JAKARTA – Sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, Indonesia memiliki banyak tempat penginapan islami. Tak heran bila hotel syariah semakin diminati.

Meski sama-sama tempat menginap, ada sejumlah hal mendasar yang membedakannya dengan penginapan konvensional. Ini bukan hanya terlihat dari interior saja tapi juga peraturan yang jauh lebih ketat.

Di hotel syariah, jangan harap pasangan bukan suami istri akan bisa menginap. Jadi, bila perempuan dan laki-laki datang untuk check in, pastikan membawa kartu keluarga, akte pernikahan dan KTP dengan alamat yang sama.

Ini tentu bukan karena pihak hotel yang kepo dengan privasi tamunya. Sama sekali tidak. Ini semata karena Islam melarang pasangan bukan suami istri berada dalam kamar yang sama.

Bahkan bila ada teman yang ingin bertemu, staf hotel tak akan mengizinkan bertamu langsung ke kamar. Pertemuan bisa dilakukan di lobi, resto atau tempat yang disediakan.

Hotel ini juga tak menyediakan minuman beralkohol atau makanan haram lain. Juga, tak ada pub atau klub. Sebaliknya, makanan minuman yang disajikan dijamin kehalalannya karena sudah memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Demi berlibur namun ibadah tetap terjaga, pengelola bukan cuma memasang tanda arah kiblat. Sajadah bahkan Al Quran dan tasbih pun. Beberapa hotel malah menyediakan tempat khusus untuk sholat dan berwudhu.

Sebagai hiasan interior, biasanya hotel memasang potongan ayat suci yang ditempel di dinding. Bilapun tidak, biasanya hiasan berupa gambar bunga atau pepohonan. Tak ada gambar yang bisa menggiring ke pemikiran negatif.

Hotel syariah juga tempat yang aman buat anak. Keluarga yang berlibur di tempat ini akan bisa mengajarkan pada anak untuk tak meninggalkan ibadah sekalipun tengah berlibur.

BACA JUGA :  Pendaki Gunung Terapkan Protokol Kesehatan Berbasis CHSE

Jadi, tentu, hotel syariah adalah pilihan tepat. ***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *