DestinasiJawa Tengah

Curug Lumbung, Tebing Eksotis di Tengah Sawah

 

PURWOREJO РAlam kerap memanjakan manusia keindahannya. Termasuk Curug  Lumbung dengan susunan bebatuan gepeng setinggi 100 meter di Purworejo, Jawa Tengah.

Berjarak sekitar 15 Km dari Kota Purworejo, curug yang berada di Dusun Kradon, Desa Karangsari, Kecamatan Bener, ini berada di tengah hamparan warga setempat. Perjalanan ke lokasi itupun dipenuhi dengan hijaunya sawah dengan petani yang merawat tanaman padinya.

Keindahan, sekaligus kedalaman, curug ini bisa dilihat dari jembatan yang membentang di atasnya. Tampak sungai sempit berair deras dengan bebatuan besar berdinding tebing menjulang di kanan dan kiri.

Pahatan alam ini kian elok dilihat dari bawah. Tinggi tebing bervariasi. Namun bentuknya nyaris seragam layaknya lempengan batu yang tersusun rapat dan tinggi.

Jalan menuju Curug Lumbung di Purworejo, Jawa Tengah./foto: youtube surya trip
Jalan menuju Curug Lumbung di Purworejo, Jawa Tengah./foto: youtube surya trip

Sekilas tempat itu seperti buatan manusia yang menyusun lempeng bayu. Namun sesungguhnya tangan alam yang bekerja.

Ketenangan tempat itu dengan suara air sungai yang mengalir deras terasa begitu eksotis.

Tak sedikit  pengunjung mengambil gambar dari bawah untuk bisa memotret keindahan tebing Curug Lumbung ini. Tapi harus ekstra waspada karena air yang mengalir cepat.

Menariknya lagi, pada musim hujan air sungai tampak kecoklatan. Namun di musim kemarau tampak menjadi hijau kebiru-biruan. Indah sekali!

Sejauh ini, masih sedikit pengunjung datang ke lokasi nan asri ini. Mereka juga tak dikenakan biaya apapun untuk masuk.

Pendeknya, tempat ini benar-benar masih alami. Jadi tentu seru untuk bisa berada di tempat yang belum terjamah kekinian ini. ***

BACA JUGA :  Ke Sangiran, Melihat Jejak Manusia Purba
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close