Candi Umbul, Pemandian Air Panas Bikin Awet Muda

  • Bagikan
Candi Umbul Magelang / Foto : id.wikipedia.org
Candi Umbul Magelang / Foto : id.wikipedia.org

MAGELANG – Tidak seperti kebanyakan candi yang ada di Pulau Jawa. Candi Umbul sangat special dan unik, dari dasar situs bersejarah ini muncul gelembung-gelembung  air panas yang dipercaya dapat membuat awet muda dan menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Keunikan lainnya, air panas yang keluar dari mata air tidak berbau belerang seperti sumber air panas pada umumnya.  Pengunjung dapat dengan puas berendam sambil menikmati udara sejuk di lokasi tersebut.

Candi Umbul / Foto : id.wikipedia.org
Candi Umbul / Foto : id.wikipedia.org

Keseluruhan dinding candi terbuat dari lapisan andesit.  Di setiap sudut dasar kolam terdapat  umpak atau fondasai sebagai tiang penyangga atap pelindung. Sedangkan terdapat batuan berbentuk lingga datar merupakan alas duduk untuk bersemedi apa ksatria.  Konon, kolam ini juga menjadi tempat pemandian para para putri raja.

Di sekeliling kolam, tampak batu-batu candi berjejer di tepi kolam, menggambarkan relief tumbuhan, binatang dan juga  stupa. Di sekeliling umbul juga terdapat petilasan berbentuk lingga dan zoni yang membuktikan pengaruh  budaya hindu sangat kental di candi itu.  Diperkirakan, situs tersebut dibangun pada masa Dinasty Sanjaya.

Cagar budaya ini terletak di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini terbagi menjadi dua tempat. Pertama di bagian atas merupakan kolam air panas dan kedua, di lokasi yang lebih rendah berisi air dingin.

 

 

 

 

BACA JUGA :  6 Pantai Eksotis di Lampung Surga Bagi Pemburu Senja
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *