Candi Borobudur Tutup Sampai 17 Mei 2021

  • Bagikan
Candi Borobudur di Jawa Tengah./foto: instagram kemenparekraf.ri
Candi Borobudur di Jawa Tengah./foto: instagram kemenparekraf.ri

JAKARTA – Kawasan wisata Candi Borobudur tak bisa dikunjungi saat Lebaran. Tempat itu tutup terhitung 8 hingga 17 Mei 2021 demi mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Balai Konservasi Borobudur, Wiwit Kasiyati, menyebutkan penutupan sementara berdasarkan Surat Edaran Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang Nomor 556/324/19/2021 Tanggal 7 Mei 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan PPKM Berbasis Mikro untuk pengendalian Covid-19 pada libur Idul Fitri 1442 Hijriah di Kabupaten Magelang.

Sejauh ini, WHO menyatakan Covid-19 sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKMD).

“Perkembangan penyebaran virus tersebut di Indonesia sudah meluas di beberapa daerah, termasuk wilayah Jawa Tengah, yang telah masuk tahun kedua namun belum berakhir,” katanya kepada wartawan.

Saat ini, Kabupaten Magelang termasuk dalam zona oranye. Karenanya dibutuhkan cara untuk mencegah kian meluasnya transmisi virus tersebut dengan meniadakan keramaian di tempat publik destinasi wisata dengan menutupnya.

Berdasarkan catatan, setiap musim libur lebaran maka pengunjung candi akan meningkat. Jumlahnya bisa ribuan orang dalam sehari. Kondisi ini amat berpotensi terjadinya transmisi Covid-19 hingga harus dicegah agat tak terjadi.

“Semua ini demi keselamatan pengunjung Candi Borobudur, tenaga pemeliharaan, tenaga pengamanan, dan tenaga pendamping pemanfaatan. Maka Candi Borobudur ditutup sementara pada 8 sampai dengan 17 Mei 2021,” katanya. (*/yp)

BACA JUGA :  Tiga Program Pemulihan Menjadi Fokus Parekraf pada 2021
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *