Bintan Resort Cakrawala Lagoi Paling Aman Untuk Wisman dan Wisnus

  • Bagikan
Kawsan Wisata Bintan Resort Cakrawala di Lagoi, Kepri / Foto : sumatera.bisnis.com
Kawsan Wisata Bintan Resort Cakrawala di Lagoi, Kepri / Foto : sumatera.bisnis.com

JAKARTA – Kawasan Wisata Bintan Resort Cakrawala di Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau paling memenuhi kriteria aman untuk kembali dibuka bagi wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus).

Alasannya, dari hasil monitoring dan evaluasi sementara yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf),  kawasan tersebut memiliki tingkat risiko penularan dan penyebaran virus corona rendah. Positivty rate Covid 19 di kawasan tersebut dibawah 5 persen.

Kawasan ini juga merupakan kawasan enclare dan tidak bersinggungan langsung dengan penduduk. Selain itu sistem protokol kesehatan baik, terdapat pembagian zonasi dalam kawasan  dan dukungan layanan kesehatan yang sangat memadai merupakan salah satu factor penentu.

“Bulan Juni/Juli masih kita targetkan untuk terwujudnya konsep travel bubble. Namun perlu digarisbawahi, sepanjang pandemi COVID-19 di masing-masing daerah benar-benar terkendali. Kita ingin travel bubble ini dilakukan berbasis fakta dan data,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta, awal pekan ini.

“Insyaallah, selesai lebaran idul fitri 1442 H akan kami sampaikan lebih lanjut, karena tim monev kami di lapangan sedang terus bekerja dan akan memberikan update rekomendasi berbasis data dan fakta untuk pembukaan bubble tourism ini,” Kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan persiapan travel corridor arrangement, terus dilakukan sambil memantau situasi pandemi COVID-19 di Batam dan Bintan serta zona Bali. Kemenparekraf juga secara aktif berkoordinasi secara intensif lintas K/L serta melakukan monitoring dan evaluasi dengan unsur pemda di tiga zona tersebut.

“Semua isu dipetakan secara rinci, mana yang menjadi kewenangan K/L dan Pemda untuk diselesaikan sebagai bentuk aspek penawaran dan diplomasi dengan negara fokus pasar sebagai aspek permintaan,” kata Sandiaga.***

 

 

 

BACA JUGA :  Musik Khas Selaawi Celantung, Pecahkan Rekor Dunia
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *