Baytat, Kue Kuno Bangsawan Bengkulu

  • Bagikan
Baytat, kue tradisional Bengkulu. (instagram fnr.id)
Baytat, kue tradisional Bengkulu. (instagram fnr.id)

BENGKULU – Baytat. Namanya kue asal Bengkuli ini bisa jadi belum terlalu ngetop di antara kuliner nusantara. Tapi melihat penampilannya yang begitu ngepop kekinian, mustahil tak ingin mencicipi.

Kue ini tampil begitu cantik. Bentuk umumnya segi empat dengan bagian atas dibuat bersilang. Tampilannya amat mirip dengan pie dengan selai nanas.Namun rasanya jauh berbeda karena bahan dasar yang digunakan pun tak sama.

Baytat dalam bahasa Bengkulu berasal dari kata Buy yang berarti induk sedang tat adalah kue tart. Sejatinya, kue ini adalah kudapan kaum bangsawan yang hanya disajikan untuk raja dan keuarganya.

Di Bengkulu, ada beberapa kejaraan, seperti Pepinau, Selebar dan Sungai Serut dan juga Empat Petulai di Rejang Lebong.

Seiring berjalannya waktu, kue ini mulai disajikan pada acara besar tradisional. Mulai dari lebaran, pernikahan sampai khitanan. Konon, semakin banyak baytat yang diberikan maka semakin tinggi status sosial orang tersebut.

Saat ini, kue ini mudah didapat. Bahkan menjadi salah satu ikon pariwisata Bengkulu. Harganya mulai dari Rp10 ribu sampai ratusan ribu rupiah tergantung ukuran dan topingnya.

Kue ini dibuat dengan menggunakan campuran tepung gandum, gula pasir, telur ayam, mentega dan santan kelapa. Adonan ini kemudian dipanggang, diolesi selai nanas lalu ditutup dengan adonan yang dibentuk tali pipih lalu disusun bersilangan.

Sebagai pelengkap, kerap ditaburi keju di atasnya. Begitu keluar dari pemangang, aroma santan langsung menggoda selera.

Rasanya? Gurih manis mendominasi. Toping selai nanas membuat rasa menjadi lebih segar dan makin gurih karena ada taburan kejunya.

Baytat amat joss bila dinikmati di sore hari dengan segelas teh hangat, atau secangkir kopi. Apalagi sambil bercengkerama dengan keluarga.

BACA JUGA :  Nusantara Marandang Dapat Penghargaan MURI

Tapi, baytat juga cocok menemani nongkrong di kafe bersama teman. Sebagai snack pelengkap segelas juice pun sedap! ***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *