DKI JakartaNews

Libur Lebaran Tempat Wisata Tetap Buka

JAKARTA – Pemerintah melarangan mudik lebaran tahun ini untuk mencegah bertambahnya kasus Covis-19. Meski begitu, tempat wisata tetap diizinkan untuk buka saat lebaran.

Mengenai kebijakan yang bertentangan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku sudah memperhitungkan kemungkinan terjadinya lonjakan kunjungan di

tempat wisata perkotaan saat libur lebaran. Ini karena adanya larangan mudik.

“Kami titip kepada mereka dan aparat setempat agar memperhatikan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” ujar Sandiaga Uno di Jakarta.

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy untuk membuka destinasi wisata selama liburan. Menurutnya, larangan mudik tahun ini dalam rangka Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Skala Mikro atau PPKM.

Ia mengaku sudah mengantisipasi larangan mudik akab membuat tempat wisata akan didatangi warga. “Maka spot-spot yang sudah jadi favorit, seperti Ragunan, Ancol, Kota Tua, Setu Babakan, Taman Mini akan ramai pengunjung, dan begitu banyak spot-spot pariwisata dan budaya yang ada di wilayah DKI, termasuk Monas,” katanya.

Ia juga mengaku telah berkoordinasi dengan Pemprov DKI, bahkan berencana mengundang Kadin, HIPMI DKI Jakarta beserta PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) dan asosiasi-asosiasi lain untuk berkoordinasi. “Bukan hanya di Jakarta tapi di seluruh Indonesia,” lanjutnya.

Ia beranggapan selain DKI, tempat wisata yang dekat dengan Jakarta, juga akan tak saat libur lebaran. “Misalnya Puncak, Anyer, Tanjung Lesung Banten, ini akan mendapatkan limpahan” katanya. “Mereka boleh berwisata di sana tapi harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin.” (*/yp)

BACA JUGA :  Mulai Awal Tahun Depan, Rinjani Tutup 3 Bulan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close