DestinasiJawa Barat

Museum Nyamuk, Ada Bioskopnya Loh!

PANGANDARAN – Indonesia kaya akan museum. Termasuk Museum Nyamuk!

Banyak yang menilai museum satu ini sebagai hal unik. Bisa dimengerti karena serangga yang kerap jadi pengganggu ini dianggap terlalu kecil keberadaannya.

Sesungguhnya tak seperti itu. Sebagai wisata ilmiah, museum milik Kementerian Kesehatan di Jalan Raya Pangandaran Km 3 Kampung Kamurang, Desa Babakan, Pangandaran, Kabupaten Ciamis, ini menyimpan aneka data nyamuk.

Tercatat ada koleksi 301 spesimen terdiri dari 26 jenis atau spesies dan enam marga atau genus nyamuk di Indonesia. Berbagai jenis nyamuk seperti Anopheles, Aedes aegypti hingga nyamuk Culex yang berbahaya ada. Bahkan juga dari jenis Toxorynchites yang dikenal sebagai nyamuk vegetarian atau pemakan tumbuh-tumbuhan.

Selain itu ada pula berbagai perangkat penelitian juga aneka obat nyamuk. Museum bahkan dilengkapi kebun kecil tempat menanam berjenis tanaman yang pengusiran nyamuk.

Bioskop di Museum Nyamuk di Pangandaran, Jawa Barat./foto: instagram museum nyamuk pangandaran
Bioskop di Museum Nyamuk di Pangandaran, Jawa Barat./foto: instagram museum nyamuk pangandaran

Jangan berpikir museum ini begitu ‘dingin’ karena melulu menampilkan hal-hal berbau pengetahuan nan kaku. Soalnya, museum juga dilengkapi tempat sinema dengan kursi berjajar yang kian ke belakang makin tinggi. Persis gedung bioskop.

Di bioskop ini, pengunjung akan bisa menonton pemutaran video atau film animasi, tentu terkait nyamuk. Jadi ada film tentang siklus hidup nyamuk hingga habitat dan perkembangbiakannya.

Jadi, ayo kenalan dengan nyamuk supaya bisa menjauhinya! ***

 

BACA JUGA :  Misteri Patung Tersenyum di Situs Megalitikum Lembah Bada

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close